PASCAPANEN BUAH DURIAN

PASCAPANEN BUAH DURIAN - Hal yang perlu diperhatikan pada pasca panen dalam budidaya durian antara lain:
A.1. Pengumpulan
A.2. Penyortiran & Penggolongan
A.3. Penyimpanan
A.4. Pengemasan & Pengangkutan
A.5. Penanganan Lain

PASCAPANEN BUAH DURIAN

PASCAPANEN BUAH DURIAN
PASCAPANEN BUAH DURIAN
A.1. Pengumpulan
Di tempat pengumpulan setiap tangkai durian diberi label khusus atau dicat dgn warna tertentu untuk menunjukkan kebun asal durian. Bila kualitasnya kurang baik dapat diperbaiki pada tahun berikutnya. 
A.2. Penyortiran & Penggolongan
Hasil panen dikumpulkan, diseleksi & dipilah-pilah berdasarkan ukuran. Seleksi perlu dilakukan agar tidak ada buah cacat yg ikut terkirim, terutama bila buah ini akan dijual atau diekspor. 
A.3. Penyimpanan
Durian yg sudah terpilih dicuci & disemprot dgn air agar kotoran yg menempel pada kulitnya menjadi bersih. Selanjutnya buah dicelupkan ke dlm air yg telah diberi fungisida Aliette 800 WP yg berbahan aktif Aluminium tris (Oethy/phosphonate) 22 cc/liter. Tujuan pencelupan ini adalah untuk menghindari serangan busuk buah yg disebabkan oleh jamur Phytophtora sp selama pemeraman & transportasi. Lalu buah dikeringanginkan. Durian beserta petinya dimasukkan ke dlm gudang yg cukup mendatangkan penerangan. 
A.4. Pengemasan & Pengangkutan
Buah durian yg akan diekspor diberi perlakuan: setelah buah kering, buah dibungkus kantong plastik & diikat dgn tali rafia Setiap kantung plastik berisi satu butir buah durian. Buah yg sudah dibungkus kantung plastik dibungkus lagi dgn kantung kertas semen. Setelah itu, dimasukkan ke dlm kotak karton setebal 3 mm. Setiap ungkus berisi 5-6 butir durian sehingga setiap kotak karton berisi 10-15 kg durian. Kotak ini dilekat dgn lakban (perekat plastik) tebal yg tidak mudah robek jika terkena gesekan. Teknologi pengemasan ini memperhatikan adanya lubang udara agar ada sirkulasi udara, tetapi juga ada lapisan plastik luar untuk menahan keluarnya bau, sehingga tidak ada kontak antar udara di dlm kotak pengepakan dgn udara luar maka jika di dlm ada durian yg matang baunya tidak tercium menyengat sampai keluar.
A.5. Penanganan Lain
Bila ingin menghasilkan durian beku untuk dipasarkan ke tempat yg jauh, maka dapat dilakukan cara pengepakan fakum udara, cara ini banyak dipakai oleh petani Thailand. Setelah dikupas kulitnya, durian dimasukkan ke dlm alat fakum udara selama 35-40 menit dgn suhu 40°C di bawah nol. Setelah itu, buah durian dimasukkan ke dlm plastik berukuran 300 gram & diletakkan dlm kamar pendingin dgn suhu 18°C di bawah nol. Baca Selengkapnya tentang budidaya durian di : Teknik Cara Budidaya Durian Lengkap

Artikel Lainnya:

Semoga artikel tentang PASCAPANEN BUAH DURIAN ini bermanfaat. Terimakasih atas kunjungannya di blog BudidayaDesa ini. Ayo Bangun Desa dengan Budidaya!!

Terimakasih atas kunjungannya.
Artikel Terkait:

Anda sedang membaca artikel tentang PASCAPANEN BUAH DURIAN dan anda bisa menemukan artikel PASCAPANEN BUAH DURIAN ini dengan url https://budidaya-desa.blogspot.com/2014/08/pascapanen-buah-durian.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel PASCAPANEN BUAH DURIAN ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link PASCAPANEN BUAH DURIAN sumbernya.

0 komentar:

Posting Komentar

  ©Budidaya Desa - Todos os direitos reservados.

Template by Dicas Blogger | Sitemap