PANEN BUAH DURIAN

PANEN BUAH DURIAN - Berikut beberapa hal yang terkait dengan panen dalam budidaya buah durian antara lain:
A.1. Ciri & Umur Panen Buah Durian
A.2. Cara Panen Durian
A.3. Prakiraan Produksi Durian

PANEN BUAH DURIAN

PANEN BUAH DURIAN
PANEN BUAH DURIAN
A.1. Ciri & Umur Panen Buah Durian
Pada umur sekitar 8 tahun, tanaman durian sudah mulai berbunga. Musim berbunga jatuh pada waktu kemarau, yakni bulan Juni-September sehingga bulan Oktober-Februari buah sudah dewasa & siap dipetik. Panen durian diusahakan sebelum musim hujan tiba karena air hujan dapat merusak kualitas buah. Warna durian yg hampir masak agak berbeda-beda tergantung pada kultivarnya. Buah yg sudah masak umumnya ditandai dgn bau harum yg menyengat. Pada durian yg sudah masak bila diketuk duri atau buahnya akan terdengar dentang udara antara isi & kulitnya.
A.2. Cara Panen Durian
Buah durian yg sudah matang akan jatuh sendiri. Untuk menjaga agar buah tidak langsung jatuh, kira-kira sebulan sebelum matang buah dapat diikat dgn tali plastik. Tujuan pengikatan tersebut agar tangkai buah yg terlepas dari batang atau ranting pohon tetap menggantung pada tali sehingga buah durian tersebut dapat diambil dlm keadaan utuh. Buah durian dari pohon rendah dapat dipetik dgn menggunakan pisau tajam. Tangkai buah dipotong mulai dari bagian paling atas, ± 1,5 cm dari dahan. Pemotongan sebaiknya dilakukan dgn hati-hati karena di tempat ini terdapat bahan tunas yg akan berbunga pada musim berikutnya. Buah durian yg terletak pada bagian pohon yg tinggi sebaiknya dipetik dgn menggunakan alat bantu yg sesuai agar tidak jatuh ke tanah. Durian yg jatuh ke tanah biasanya retak, daging buahnya menjadi asam/pahit karena terjadi fermentasi pembentukan alkohol & asam.
A.3. Prakiraan Produksi Durian
Jumlah durian yg dapat dipanen dlm satu pohon adalah 60-70 butir perpohon pertahun dgn bobot rata-rata 2,7 kg. Apabila diinginkan jumlah buah yg lebih banyak lagi maka bobot buah akan turun. Baca Selengkapnya tentang budidaya durian di : Teknik Cara Budidaya Durian Lengkap

Artikel Lainnya:

Semoga artikel tentang HAMA & PENYAKIT TANAMAN DURIAN ini bermanfaat. Terimakasih atas kunjungannya di blog BudidayaDesa ini. Ayo Bangun Desa dengan Budidaya!!

Terimakasih atas kunjungannya.
Artikel Terkait:

Anda sedang membaca artikel tentang PANEN BUAH DURIAN dan anda bisa menemukan artikel PANEN BUAH DURIAN ini dengan url https://budidaya-desa.blogspot.com/2014/08/panen-buah-durian.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel PANEN BUAH DURIAN ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link PANEN BUAH DURIAN sumbernya.

0 komentar:

Posting Komentar

  ©Budidaya Desa - Todos os direitos reservados.

Template by Dicas Blogger | Sitemap