SYARAT TUMBUH RAMBUTAN

SYARAT TUMBUH RAMBUTAN. Berikut adalah artikel yang terkait dengan syarat tumbuh tanaman rambutan.

SYARAT TUMBUH RAMBUTAN

SYARAT TUMBUH RAMBUTAN
SYARAT TUMBUH RAMBUTAN
1. Iklim
1.
Dalam budidaya rambutan angin berperan dlm penyerbukan bunga.
2.
Intensitas curah hujan yg dikehendaki oleh pohon rambutan berkisar antara 1.500-2.500 mm/tahun & merata sepanjang tahun
3.
Sinar matahari harus dpt mengenai seluruh areal penanaman sejak dia terbit sampai tenggelam, intensitas pancaran sinar matahari erat kaitannya dgn suhu lingkungan.
4.
Tanaman rambutan akan dpt tumbuh berkembang serta berbuah dgn optimal pada suhu sekitar 25 derajat C yg diukur pada siang hari. Kekurangan sinar matahari dpt menyebabkan penurunan hasil atau kurang sempurna (kempes).
5.
Kelembaban udara yg dikehendaki cenderung rendah karena kebanyakan tumbuh di dataran rendah & sedang. Apabila udara mempunyai kelembaban yg rendah, berarti udara kering karena miskin uap air. Kondisi demikian cocok utk pertumbuhan tanaman rambutan.

2. Media Tanam
1.
Rambutan dpt tumbuh baik pada lahan yg subur & gembur serta sedikit mengandung pasir, juga dpt tumbuh baik pada tanah yg banyak mengandung bahan organik ataui pada tanah yg keadaan liat & sedikit pasir.
2.
Pada dasarnya tingkat/derajat keasaman tanah (pH) tidak terlalu jauh berbeda dgn tanaman perkebunan lainnya di Indonesia yaitu antara 6-6,7 & kalau kurang dari 5,5 perlu dilakukan pengapuran terlebih dahulu.
3.
Kandungan air dlm tanah idealnya yg diperlukan utk penanaman pohon rambutan antara 100-150 cm dari permukaan tanah.
4.
Pada dasarnya tanaman rambutan tidak tergantung pada letak & kondisi tanah, karena keadaan tanah dpt dibentuk sesuai dgn tata cara penanaman yg benar (dibuatkan bedengan) sesuai dgn petunjuk yg ada.
3. Ketinggian Tempat
Rambutan dpt tumbuh subur pada dataran rendah dgn ketinggian antara 30- 500 m dpl. Pada ketinggian dibawah 30 m dpl rambutan dpt tumbuh namun tidak begitu baik hasilnya.

Baca Selengkapnya tentang Teknik Cara Budidaya RAMBUTAN (Nephelium sp.) Lengkap di : Teknik Cara Budidaya RAMBUTAN ( Nephelium sp.) Lengkap

Artikel Lainnya:
SENTRA PENANAMAN RAMBUTAN
SEJARAH SINGKAT RAMBUTAN

Terimakasih atas kunjungannya.
Artikel Terkait:

Anda sedang membaca artikel tentang SYARAT TUMBUH RAMBUTAN dan anda bisa menemukan artikel SYARAT TUMBUH RAMBUTAN ini dengan url https://budidaya-desa.blogspot.com/2016/02/syarat-tumbuh-rambutan.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel SYARAT TUMBUH RAMBUTAN ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link SYARAT TUMBUH RAMBUTAN sumbernya.

0 komentar:

Posting Komentar

  ©Budidaya Desa - Todos os direitos reservados.

Template by Dicas Blogger | Sitemap