PANEN ALPUKAT


PANEN ALPUKAT - Ada beberapa hal yang terkait dengan panen alpukat yaitu:

A.1. Ciri & Umur Panen
Ciri-ciri buah yg sudah tua tetapi belum masak adalah:
  • warna kulit tua tetapi belum menjadi cokelat/merah & tidak mengkilap;
  • bila buah diketuk dgn punggung kuku, menimbulkan bunyi yg nyaring;
  • bila buah digoyang-goyang, akan terdengar goncangan biji.

PANEN ALPUKAT

PANEN ALPUKAT
PANEN ALPUKAT
Penetapan tingkat ketuaan buah tersebut memerlukan pengalaman tersendiri. Sebaiknya perlu diamati waktu bunga mekar sampai enam bulan kemudian, karena buah alpukat biasanya tua setelah 6-7 bulan dari saat bunga mekar. Untuk memastikannya, perlu dipetik beberapa buah sebagai contoh. Bila buah-buah contoh tersebut masak dgn baik, tandanya buah tersebut telah tua & siap dipanen. 
A.2. Cara Panen
Umumnya memanen buah alpukat dilakukan secara manual, yaitu dipetik menggunakan tangan. Apabila kondisi fisik pohon tidak memungkinkan untuk dipanjat, maka panen dapat dibantu dgn menggunakan alat/galah yg diberi tangguk kain/goni pada ujungnya/tangga. Saat dipanen, buah harus dipetik/dipotong bersama sedikit tangkai buahnya (3-5 cm) untuk mencegah memar, luka/infeksi pada bagian dekat tangkai buah.
A.3. Periode Panen
Biasanya alpukat mengalami musim berbunga pada awal musim hujan, & musim berbuah lebatnya biasanya pada bulan Desember, Januari, & Februari. Di Indonesia yg keadaan alamnya cocok untuk pertanaman alpukat, musim panen dapat terjadi setiap bulan.
A.4. Prakiraan Produksi
Produksi buah alpukat pada pohon-pohon yg tumbuh & berbuah baik dapat mencapai 70-80 kg/pohon/tahun. Produksi rata-rata yg dapat diharapkan dari setiap pohon berkisar 50 kg. Baca Selengkapnya tentang budidaya alpukat di : CARA BUDIDAYA TANAMAN ALPUKAT LENGKAP
Semoga artikel tentang SEJARAH SINGKAT ALPUKAT ini bermanfaat. Terimakasih atas kunjungannya di blog BudidayaDesa ini. Ayo Bangun Desa!!

Terimakasih atas kunjungannya.
Artikel Terkait:

Anda sedang membaca artikel tentang PANEN ALPUKAT dan anda bisa menemukan artikel PANEN ALPUKAT ini dengan url http://budidaya-desa.blogspot.com/2014/08/panen-alpukat.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel PANEN ALPUKAT ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link PANEN ALPUKAT sumbernya.

0 komentar:

Posting Komentar

  ©Budidaya Desa - Todos os direitos reservados.

Template by Dicas Blogger | Sitemap